Jumat, 29 November 2013


Pengertian Qurban Dan Akikah


Malem Gan , Di Malam Takbiran Ini Ane Sempetin Deh Buat Nge-Posting Tentang Pengertian Qurban Dan Akikah , Langsung Aja Simak Lah , :D



Qurban Dan Akikah Adalah Sebuah Amalan Yang Sangat Penting Di Dalam Islam Karna Ganjaran Nya Sangat Besar , Tetapi Masih Banyak Orang Yang Mampu Tidak Melaksanakan Nya , Entah Mengapa Dia .

1. Qurban
   Qurban Berasal Dari Bahasa Arab Yaitu Qoroba , Yakribu , Qurbanan Yang Berarti Mendekatkan Diri . Sedangkan  Menurut Istilah Adalah Mendekatkan Diri Kepada Allah Dengan Jalan Menyembelih Hewan Qurban Pada Bulan Dzulhizah Tanggal 10,11,12,13 .
Hukum Qurban Sunnah Muaakad Untuk Yang Mampu , Qurban Di Anjurkan Kepada Orang Yang Telah Mampu Memenuhi Kebutuhan Sehari-harinya .  
Dalil Menegaskan :
إنّا اعطينا ك الكوثر، فصلّ لربّك وانحر ، إنّ شا نئك هو الابتر .
Artinya : Sungguh Kami Telah Memberimu (Muhammad) Nikmat Yang Banyak Maka Laksanakan Lah Sholat Dan Berqurban lah , Sungguh Orang Yang Membencimu Dialah Orang Yang Terputus .
(Q.S.Al-Kausar 1-3)
Hewan Ternak Yang Boleh Di Jadikan Qurban :
1. Harus Sehat 
2. Tidak Kurus 
3. Tidak Pincang Atau Cacat
4. Sudah Berumur 1 Tahun Lebih
Ketentuan Qurban :
1.Sapi Atau Unta Untuk 7 Orang
2.Kambing Atau Domba Untuk 1 Orang
2. Akikah
   
      Akikah Berasal Dari Bahasa Arab Yaitu Al Qath'u Yang Berarti Memutuskan Atau Memotong  .
Menurut Istilah Akikah Di Definisikan Penyembelihan Hewan (Domba/Kambing) Yang Di Tujukan Untuk Menebus Anak Yang Baru Lahir .
Pelaksanaan Akikah Adalah Pada Hari Ke-7 Bayi Lahir Atau Hari Ke-14 , Pokok Nya Hari Di Kelipatan (7) Kalau Tidak Mampu Bisa Kapan saja .
Sabda Rasullulah Menegaskan :
قال رسول الله صلى الله عليه و سلّم من احبّ منكم ان ينسك عن ولده فليفعل عن الغلام شاتان مكا فأتان و عن الجرية شاة
Artinya : Barang Siapa Diantara kamu ingin beribadah tentang anak, Hendaklah diperbuat nya untuk anak laki-laki 2 Ekor Kambing , Sedangkan Perempuan 1 ekor kambing (H.R.Ahmad , Abu daud,Nasa'i)
Ketentuan Hewan Akikah :
1.Anak Laki-laki (2 Ekor Kambing Atau Domba)
1.Anak Perempuan (1 Ekor Lambing Atau Domba)
Akikah Memiliki Tujuan Untuk Meningkat Jiwa Sosial , Saling Menolong Sesama tetangga di lingkungan sekitar, Menanamkan Jiwa Keagamaan Pada Anak , Dan Sebagai Rasa Syukur Kepada Allah Karna Telah Di Karuniai Anak .
Usai Sudah , Semoga Bermanfaat Artikel ini dan Menambahkan semangat ibadah kepada allah . Amiin
Salam Blogger-Ppatz Blogger
 
  
Sumber: http://ppatz-garoet.blogspot.com/2013/10/pengertian-qurban-dan-akikah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar